Lombok Timur, Keindahan alam dan Nuansa Budaya mu.

Ditulis oleh: -


Peta Lombok           Lombok adalah sebuah pulai kecil di kepulauan Nusa Tenggara, yang berdekatan dengan pulau bali, yang memiliki luas kira-kira mencapai 5.435 km2. Meskipun pulau lombok terbilang kecil namun menyimpan keindahan luar biasa, yang tidak kalah dengan pulau dewata Bali. Di lombok bukan hanya terkenal dengan tempat wisata pantai, tetapi juga para wisatawan bisa menikmati wisata di daerah pegunungan dan air terjun, yang pasti nya membuat wisatawan merasa betah. Selain dari segi wisata, Lombok juga terjuga terkenal dengan ragam budaya nya yang unik yang mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan asing maupun lokal.
                
        Lombok beribukota kan Mataram, dan terbagi  atas 4 wilayah yakni: Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok timur. Dari setiap daerah masing-masing memiliki keindahan alam dan tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi, salah satu nya yakni Lombok timur. Daerah yang satu ini mungkin tidak begitu di kenal oleh para wisatawan, namun ternyata tempat wisata nya sudah banyak di kunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal, berikut ini beberapa tempat wisata yang memiliki keindahahan yang terkenal di daerah lombok timur.


1.       1. Gili Kondo

Gili Kondo

Sesuai dengan nama nya Gili yang berarti pulau kecil. Gili Kondo adalah satu dari sekian banyak nya Gili (pulau Kecil) yang berada di Lombok. Gili kondo tepat nya berada di wilayah Desa Sambelia (50km utara kota selong). Gili kondo memilki pemandangan yang sangat indah, dengan pasir putih nya yang lembut serta Udara Pantai yang masih segar bebas dari polusi kendaraan. Di Gili kondo ini kita dapat menikmati alam bawah laut dengan snorkeling, menikmati terumbu karang yang indah pasti nya membuat kita merasa nyaman dan betah berada di sana. Untuk menuju Gili Kondo kita perlu menggunakan perahu, karena tempat nya yang berada di seberang lombok. Kita juga bisa menikmati beberapa Gili yang terkenal akan kan pasir putih nya yang ada di lombok Timur seperti Gili Sunut, Gili Sulat, Dll
 

P   2. Pantai Surga

Pantai Surga



Dari nama nya saja sudah terbayang tentang sesuatu yang indah seperti surga. Seperti itulah gambaran orang tentang pantai yang satu ini, pantai surga terletak di bagian selatan tepat nya di desa Jerowaru (50km dari kota selong). Pantai surga terkenal dengan pantai nya yang bersih, panorama pantai yang indah, dan pasir putih yang lembut. Kita juga dapat menikmati deburan ombak pantai, dan bagi para pecinta olahraga Surfing bisa mencoba menantang ombak yang ada di pantai surga. Kita ajuga bisa mencoba mengunjungi beberapa pantai lain nya seperti Pantai kaliantan, Pantai Ekas Lombok.

1.       3.  Pantai Pink

Pantai Pink


“Bersusah-sudah dahulu, Bersenang-senang Kemudian”, mungkin pepatah yang satu ini cocok untuk menggambar kan pantai yang satu ini, karena akses jalan yang belum memadai dan perjalanan yang cukup lama, namun setelah sampai maka rasa capek kita pun akan terasa hilang melihat panorama Alam dan pantai yang indah. Pantai Pink memang berbeda dengan bnyak nya pantai yang ada, dengan pasir berwarna Pink dan panorama alam yang indah serta di kelilingi oleh tebing-tebing tinggi, bahkan kita juga bisa menikmati hamparan pantai yang indah dengan berugak yang sudah di sediakan untuk para wisatawan di atas tebing. Pantai Pink konon kata nya merupakan bekas markas jepang, terbukti dengan ada nya meriam peninggalan jepang, dan ada nya Gua Buatan. Di pa  ntai Pink anda juga bisa menikmati terumbu karang yang ada dengan Snorkeling, yang pasti nya membuat anda takjub.

1.       4.  Gunung Rinjani

Gunung Rinjani


Selain Wisata Pantai, di Lombok Timur juga terdapat wisata yang seru buat para pecinta Travelling, yaitu pendakian Gunung Rinjani.  Gunung Rinjani, merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif terbesar ke2  di indonesia dengan ketinggian kira-kira 3726 meter dari permukaan laut, dan hebat nya Gunung Rinjani pernah di nobatkan menjadi salah satu taman bumi dunia (Geo Park) Oleh Lembaga PBB.  Gunung rinjani sudah banyak di kenal oleh para Wisatawan Asing maupun Lokal, bahkan setiap tahun nya selalu ramai oleh para Pendaki. Gunung Rinjani terkenal akan keindahan alam nya, selain dapat menikmati udara sejuk dari pegunungan, kita juga dapat menikmati indah nya Danau Segara Anak dan Gunung baru jadi yang terdapat di atas gunung Rinjani. Di danau Segara Anak, kita juga menangkap ikan yang hidup di sana, jadi tidak perlu takut kelaparan. Bagi para wisatawan yang suka mandi dengan air panas bisa menikmati hangat nya air belerang yang ada, dan konon kata nya bisa sebagai obat. Untuk menempuh Gunung Rinjani, kita dapat menempuh 3 jalur pendakian yang ada, 2 diantara nya yakni pendakian jalur sembalun dan jalur selatan berada di kabupaten lombok timur. Sebelum menuju Gunung Rinjani, kita pun dapat menikmati hamparan Panorama alam yang indah, dan hamparan Persawahan.
 


1.       5. Otak Kokoq Joben

Otak kokok JOben


Otak Kokoq Joben merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal di Lombok Timur. Otak Kokoq Joben terdapat di Desa Montong Betok kecamatan Montong Gading. Daya tarik yang terdapat di Otak Kokoq Joben adalah Air terjun nya, yang konon kata banyak orang di percaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu di Otak Kokoq Joben juga terdapat kolam renang dan berbagai pasilitas seperti tempat peristirahatan. Selain Otak kokoq Joben, kita juga dapat menikmati Wisata air terjun di Lombok timur seperti,  Mayung putek, Air terjun temer Jeruk manis, dan lain-lain.


Selain Wisata  pantai dan panorama Alam, Lombok timur juga ternyata menyimpan kebudayaan yang unik dan menarik untuk di ketahui, berikut ini beberapa dari Kebudayaan adat dan istiadat Masyarakat lombok Timur.

1.       1. Bau Nyale


Bau nyale adalah salah satu kebudayaan (Tradisi) masayarakat lombok setiap tahun nya. Nyale adalah sejenis binatang laut yang berkembang biak dengan bertelur, bentuk nya seperti cacing. Nyale di percaya oleh masyarakat jelmaan dari putri mandalika yang menceburkan diri ke laut lepas karna tidak tidak ingin di nikahkan. Nyale konon kata nya memiliki banyak mamfaat seperti dapat menjadi obat, dapat di taburkan ke sawah untuk kesuburan padi, dan bahkan bisa di santap, digunakan sebagai lauk pauk. Upacara bau nyale di adakan di pantai Kaliantan, yang setiap tahun nya selalu rame oleh para wisatawan lokal.

 

1     2.Peresean



Peresean adalah salah satu adat yang ada di lombok timur. Peresean merupakan pertarungan antara dua orang yang bersenjatakan alat pemukul (sembilan tongkat) dari rotan (penjain) dengan tameng dari bahan kulit sapi atau kerbau. Adat peresean menunjukkan keberanian dan ketangkasan para petarung pada zaman dahulu. Peresean pada zaman dahulu di laksanakan setelah selesai panen di malam hari pada bulan purnama. Konon orang tua dahulu mengatakan darah yang di keluarkan oleh petarung dapat  mengabulkan doa untuk menurunkan hujan.




1.       3. Sabuk Belo


Sabuk belo adalah suatu kebudayaan atau tradisi masyarakat Lombok yang menggunakan sabuk warisan turun temurun sepanjang 25 meter. Adat sabuk belo merupakan kebudayaan dari masyarakat lombok timur, tepat nya berada di desa Lenek Daya. Sabuk belo biasa nya di keluarkan pada peringatan Mulud beleq, yaitu tanggal 12 rabiul awal tahun Hijriah. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, upacara ini di lakukan sebagai symbol ikatan persaudaraan, persahabatan, persatuan, dan gotong royong, serta kasih sayang sesama makhluk ciptaan Tuhan.
 



1.       4. Gendang beleq


Mungkin tradisi yang satu ini sudah banyak di kenal oleh banyak orang, khusus nya masyarakat lombok timur. Gendang beleq adalah suatu tradisi kesenian masyrakat yang telah lama ada. Sesuai nama nya Gendang beleq (bahasa sasak), yang arti nya gendang besar. Gendang beleq di ambil dari salah satu alat musik, yaitu 2 buah gendang berukurang besar dan panjang. Saat ini Gendang beleq di gunakan untuk upacara adat dan perkawinan.

 


Ternyata banyak sekali warisan budaya yang harus kita jaga dan lestarikan, karna kalau bukan kita yang menjaga nya, siapa lagi.??? berikut sedikit ulasan tentang keindahan Panorama Alam di Lombok timur, Semoga artikel singkat yang saya buat bisa berguna untuk memajukan Lombok Timur.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers